Monday, March 18, 2013

Tingkatkan Pelayanan, KKP Benahi Pelabuhan Perikanan

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) membenahi fasilitas sarana dan prasarana Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman untuk meningkatkan operasional dan pelayanan sehingga meningkatkan daya tarik bisnis.
“Pembangunan dan pengembangan pelabuhan perikanan ini sebagai langkah nyata KKP untuk menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada komoditas kelautan dan perikanan,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo saat meresmikan Tempat Pemasaran Ikan (TPI) dan Kantor UPT di PPS Nizam Zachman, Jakarta, Rabu (3/10/2012).
Sharif mengemukakan hal itu terkait kesiapan infrastruktur dan pelayanan yang prima PPS Nizam Zachman dalam menyambut perkembangan usaha perikanan yang semakin pesat.
Lantaran PPS Nizam Zachman merupakan salah satu lokasi percontohan perikanan, sehingga layak dijadikan acuan atau ‘benchmar’ bagi pelabuhan perikanan lainnya di Indonesia.
“PPS Nizam Zachman menjadi barometer kemajuan pembangunan secara nasional,” sambungnya.
Adapun pengembangan percontohan industrialisasi perikanan tangkap untuk komoditas TTC berlokasi di 5 pelabuhan perikanan serta 6 lokasi pelabuhan perikanan untuk komoditas non-TTC.
Kelima pelabutan tersebut meliputi Pelabuhan Bungus Padang, PPS Nizam Zachman, PPN Pelabuhan Ratu, PPS Bintung dan PPN Ambon.
Selain itu, PPS Nizam Zachman yang terletak di Jakarta, merupakan pelabutan perikanan Unit Pelaksana Teknis KKP yang mampu melayani kapal-kapal perikanan dalam skala besar.
Pembangunan dan pengembangan pelabuhan tersebut merupakan wujud nyata keseriusan KKP untuk membina pelabuhan perikanan yang diamanatkan dalam Permen Kelautan dan Perikanan No 08 Tahun 2012 tentang Kepelabuhanan Perikanan.
Sharif menambahkan, lewat pembangunan dan pengembangan fasilitas ini diharapkan agar PPS Nizam Zachman dapat meningkatkan fungsi pelabuhan perikanan yang terdiri atas fungsi-fungsi Pemerintahan dan fungsi-fungsi pengusahaan.
Peningkatan fasilitas maupun kapasitas sarana dan prasarana pelabuhan bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas perikanan, serta mendorong berkembangnya usaha perikanan rakyat dan membantu tercapainya iklim yang kondusif bagi pertumbuhan dunia usaha perikanan.

0 comments:

Post a Comment